Januari 2014 - @dnwahyudi

Cari Apapun di Sini

Tulisan Jelek 0

Tulisan Jelek

Beberapa tulisan di blog ini aku tulis di buku coretan. Aku mulai suka kembali menulis di buku tulis seperti jaman sekolah dulu. Ada sensasi yang berbeda dibandingkan dengan menulis langsung melalui keyboard komputer.

Tulisan di buku ini ada yang ditulis dengan terburu-buru, posisi duduk yang aneh, bahkan ada juga yang ditulis dalam keadaan mengantuk. Tulisan jadi sangat jelek karena ditulis dalam keadaan yang sangat tidak ideal.
Melihat tulisanku yang jelek di buku ini membuat aku teringat pada salah satu teman waktu SD dulu. Dulu, aku punya teman yang tulisannya sangat jelek. Saking jeleknya, kita akan sangat kesulitan untuk membaca tulisannya itu. Ini kejadian nyata, tanpa direkayasa.
Pernah suatu hari, kami membahas suatu pelajaran di kelas. Aku menanyakan apa saja yang ia catat di dalam buku catatannya. Langsung saja ia menyerahkan buku catatannya. Saat melihat tulisannya, aku berusaha untuk menahan ekspresi wajah yang entah seperti apa.
Susah payah aku berusaha menerjemahkan goresan tinta biru yang ia buat di buku catatannya. Dengan izin Yang Maha Kuasa, akhirnya aku bisa sedikit membaca tulisannya.
Sampai pada suatu titik, aku menyerah dan kutanyakan saja apa yang dituliskannya itu. Sungguh tidak terduga reaksi yang aku terima. Ia tampak serius berusaha membaca tulisannya sendiri. Tingkat kejelekan tulisan sudah sangat akut, sampai-sampai yang punya tulisan tidak bisa membaca tulisannya sendiri. 😆
Saat itu, momennya benar-benar canggung. Aku mau tertawa tapi tidak tega. Kami hanya bisa menunjukkan ekspresi bingung (walau sebenarnya isi kepalaku terbahak-bahak).
Nah, cukup sampai di sini dulu tulisan ngata-ngatain orang. Lain kali dilanjutkan lagi.
*Tulisan itu gak perlu bagus-bagus amat. Tulisan bisa terbaca, itu saja sudah cukup.
Duo Modem 0

Duo Modem

Hari gini, internet sudah hampir menjadi kebutuhan yang sulit dilepaskan, terutama bagi aku yang suka browsing-browsing toko online (browsing aja, gak pernah beli). Kalo gak terkoneksi internet dalam seminggu saja, rasanya seperti tingal di tempat terpencil.

Gak seperti di pulau Jawa, di Kalimantan ini (setahu aku) belum ada internet service provider (ISP) yang memberikan layanan unlimited, cepat dan murah. Masih mahalnya tarif internet di Indonesia, terutama di Kalimantan membuat aku harus pintar-pintar dalam menentukan pilihan paket internet. Jangan sampai uang jajan habis cuma buat beli pulsa.

Mungkin, bagi teman-teman sekalian yang internetan-nya cuma facebook atau twitter aja, lima puluh ribu rupiah udah sangat cukup dipake sebulanan, apalagi kalau koneksi internetnya cuma buat chat dan social network di smartphone.

Aku termasuk boros dalam menggunakan internet. Dalam sebulan, aku bisa menghabiskan bandwidth lebih dari 8Gb. Biasanya, koneksi internet aku pakai untuk social networking, blogwalking, nonton video serem di youtube dan juga meng-update OS Ubuntu yang aku pakai. Jelaslah kalau cuma beberapa ratus MB tidak cukup aku pakai dalam sebulannya.

Untuk memenuhi “hasratku” akan koneksi internet, aku menyiasatinya dengan berlangganan paket begadang. Beberapa provider seluler menyediakan paket begadang dengan harga yang hampir sama dengan paket reguler, namun dengan volume bandwidth yang jauh lebih besar.

Volume bandwidth yang sangat besar ini benar-benar menggiurkan bagiku. Kita ambil contoh operator T. Di operator T, paket reguler dengan harga Rp.50.000,- memiliki kuota bandwidth sebesar 800MB, ada juga paket seharga Rp.60.000,- yang kuotanya 1,2GB, sedangkan untuk internet begadangnya operator T menyediakan paket seharga Rp.30.000,- untuk 3GB dan Rp.55.000,- untuk 8GB.

Lebih hebat lagi operator X. Di operator X, dengan Rp.49.000,- saja kita bisa mendapatkan volume bandwidth sebesar 11GB. Selain volume yang besar, paket begadang operator X bisa diapakai sampai pukul 09.00. Well, paket begadang operator X bisa kita ubah namanya jadi “Paket Internetan Bangun Pagi”, karena kita gak harus begadang untuk pakai paket internet ini.

Kemudahan yang disajikan oleh paket begadang, tentu saja meminta “harga terselubung” yang harus kita bayar. Apa Anda sanggup terus-terusan begadang tiap malam hanya untuk internetan? Kesehatan dan produktivitas bisa menurun drastis kalau berlangganan paket ini.

Selain merugikan kesehatan, paket begadang juga sedikiti menurunkan nilai guna dari internet itu sendiri. Social networking itu kan, serunya pas habis makan siang sampai menjelang tidur, karena pada jam segitulah kita biasanya berinteraksi dengan teman-teman kita di media sosial. Di paket begadang, facebook dan twitter mulai seru-serunya, eh kita malah disconnect karena waktunya udah habis. Kalau begadang, kita mau facebook-an sama siapa? Jika Anda punya teman di belahan bumi lain, seperti Amerika atau Eropa mungkin masih sedikit berguna.

Situasi yang rumit dan dilematis ini (lebay..!) akhirnya bisa aku siasati, karena untungnya aku punya dua uah modem USB ini.

Aku kembali berlangganan paket internet operator CDMA yang sangat murah, unlimited tapi sangat lambat untuk koneksi internet di siang dan sore hari. Biasanya CDMA hanya digunakan untuk browsing. Nah, apabila perlu koneksi yang cepat dengan volume yang besar (biasanya untuk update software dan download film), barulah aku beli paket begadang harian atau mingguan. Dengan strategi ini, aku bisa internetan dengan murah, unlimited dan dengan kecepatan yang cukup memuaskan. 😀

Tulisan ini diikutsertakan pada Giveaway Irit tapi Bukan Pelit yang diadakan oleh Kakaakin

Astramatika XXI Segera Hadir
0

Astramatika XXI Segera Hadir

Astramatika, atau Asah Terampil Matematika sudah akan memasuki usianya yang kedua puluh. Selama dua dekade ini, Astramatika tentu telah banyak memberikan kontribusi pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan matematika di Kalimantan Timur

Bagi Anda para siswa SD, SMP dan SMA atau sederajat, siapkanlah diri dan tim Anda untuk berpartisipasi dalam ajang pertandingan matematika terbaik di Kalimantan Timur ini.

Astramatika (Asah Terampil Matematika) adalah sebuah acara kompetisi matematika tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Kompetisi ini ditujukan untuk siswa – siswi SD, SMP dan SMA se–Kalimantan Timur.

Acara yang biasanya diadakan setiap bulan Februari ini terdiri dari tiga babak, yaitu babak penyisihan, semi-final dan final. Dalam babak penyisihan, peserta mengerjakan soal yang diberikan oleh panitia bersama-sama dengan semua peserta lain. Dari semua peserta, dijaring 12 beberapa kelompok dari masing-masing jenjang sekolah untuk bertanding pada babak semi-final. Dari semua peserta yang berhasil masuk babak semi-final, setengahnya akan masuk ke babak final.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai ASTRAMATIKA, bisa Anda lihat di sini (klik dong).

Email untuk PNS 0

Email untuk PNS

Terhitung kemarin, yaitu 2 Januari 2014, seluruh PNS wajib menggunakan email yang di-provide oleh pemerintah untuk urusan kerjaannya. Email ini memiliki alamat domain @pnsmail.go.id.

Emang gak keren sih kalo PNS atau bahkan pejabat pake alamat email dengan domain yang biasa di pakai publik. Apalagi kalau username-nya alay gitu, misalnya [email protected].

Ada yang bilang kebijakan ini diambil untuk menghindari penyadapan seperti yang udah terjadi beberapa waktu lalu, walau sebenarnya aturan ini sudah dikeluarkan pemerintah sejak tahun 2010 lalu. Presidan sudah mengeluarkan Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 untuk mengatur hal ini.

Meskipun hampir gak pernah menggunakan email dalam urusan pekerjaan beliau-beliau, aku berniat mendaftarkan kedua orang tuaku untuk mendapatkan alamat email ini. Mumpung belum begitu ramai, aku coba melakukan pendaftaran. Siapa tahu dalam beberapa hari lagi orang-orang pada ramai mendaftar. Bisa jadi server down kayak waktu masalah sertifikasi dulu.

Dugaanku tepat sekali, ternyata proses pendaftaran kurang lancar. Dalam proses pendaftaran, sepertinya server mengalami kerja yang sangat berat sehingga terasa lambat sekali.

Walau agak lambat, tapi pendaftaran berhasil. Tapi masalah bukan cuma itu saja. Ternyata masalah juga ada pada saat login. Login tidak berhasil dan muncul tulisan “Koneksi ke server penyimpanan gagal”.

Untuk meminta bantuan masalah ini, langsung aja aku kirim email tentang masalah ini ke [email protected]. Gak ada jawaban tapi setelah beberapa jam udah berhasil login.

Oh, iya. Aku juga mencoba menggunakan akun email ini di email client Mozilla Thunderbird, tapi Thunderbird gak berhasil menemukan setting yang tepat baik menggunakan protocol POP maupun IMAP.

Jadi mikir, sepertinya lebih keren alamat emailku deh… 😎 >> [email protected]. Emailku menggunakan layanan Google Apps, jadi bisa pake Thunderbird.

*) Di domainku ini, udah ada alamat email untuk kedua orang tuaku, yaitu [email protected] & [email protected].  Saat ini sedang dicari user yang mau pakai alamat email ini >>> [email protected], atau minimal [email protected]. 😛

Related Post

Ad Placement